Author Topic: Bahasa Indonesia WL Press Release: The Syria Files  (Read 1803 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline elvis

  • Moderator
  • *****
  • Posts: 45
  • Gender: Female
  • I Am Free
Bahasa Indonesia WL Press Release: The Syria Files
« on: July 15, 2012, 18:04:24 PM »
"This article has been translated by a volunteer translator. Neither WL  or The Official WikiLeaks Forum shall be held accountable for errors.  The reader is welcome to check him/herself the original source linked  below, and to comment if there is an error or misinterpretation. If an  error is identified we shall endevour to correct it"

Original URL: http://wikileaks.org/syria-files/
Forum URL: http://www.wikileaks-forum.com/index.php/topic,12846.0.html

Judul : Syria Files

Hari ini, hari Kamis 5 Juli 2012, WikiLeaks mulai menerbitkan File Suriah - lebih dari dua juta email dari tokoh politik Suriah, kementerian dan perusahaan asosiasi, sejak Agustus 2006 sampai Maret 2012.


Kumpulan data yang luar biasa ini berasal dari 680 entitas atau nama domain yang berkaitan dengan Suriah, termasuk Kementerian Urusan Kepresidenan, Luar Negeri, Keuangan, Informasi, Transportasi dan Budaya.

Selama dua bulan ke depan, terobosan cerita yang berasal dari file akan muncul di WikiLeaks (global), Al Akhbar (Libanon), Al Masry Al Youm (Mesir), ISPA (Jerman), Associated Press (AS), L'Espresso (Italia), Owni (Perancis) dan Publico.es (Spanyol).
Penerbitan lainnya akan mengumumkannya dekat sebelum tanggal publikasi mereka.

Pendiri WikiLeaks Julian Assange mengatakan: "Materi ini sangat memalukan bagi Suriah, namun ini juga memalukan bagi lawan Suriah.
Ini membantu kita untuk tidak hanya mengkritik satu kelompok atau lainnya, tetapi untuk memahami kepentingan mereka, tindakan dan pikiran.
Hanya dengan memahami konflik ini. maka kita bisa berharap untuk mengatasinya. "

Pada saat ini Suriah sedang mengalami konflik internal yang penuh kekerasan yang telah menewaskan antara 6.000 dan 15.000 orang dalam 18 bulan terakhir.
File Suriah memperjelas bagaimana cara kerja di dalam pemerintahan dan ekonomi Suriah, tetapi mengungkapkan juga bagaimana dunia barat dan perusahaan-perusahaan Barat mengatakan satu hal dan melakukan hal sebaliknya.

Kisaran informasi meluas dari korespondensi yang mendalam tentang tokoh-tokoh senior partai Baath untuk mencatat transfer keuangan yang dikirim dari kementerian Suriah ke negara-negara lain.

Database terdiri dari 2.434.899 email yang berasal dari 680 domain.
Ada 678.752 alamat email berbeda yang telah mengirim email dan 1.082.447 penerima berbeda.
Ada sejumlah bahasa yang berbeda dalam set, termasuk sekitar 400.000 email dalam bahasa Arab dan 68.000 email dalam bahasa Rusia.
Data ini lebih dari delapan kali ukuran 'Cablegate' dalam hal jumlah dokumen, dan lebih dari 100 kali ukuran dalam hal data. Sekitar 42.000 email terinfeksi virus atau trojan.

Untuk mengatasi kompleksitas ini, WikiLeaks membangun sebuah tujuan umum, multi-bahasa politik data mining sistem yang dapat menangani set data yang besar seperti yang diwakili oleh File Suriah.

Dalam sebuah koleksi besar informasi seperti ini, tidak mungkin membuktikan setiap email satu persatu sekaligus, namun, WikiLeaks dan co-publisher telah melakukannya untuk semua cerita awal untuk dipublikasikan.
Kami secara statistik yakin bahwa sebagian besar data adalah apa yang mereka maksudkan yang menjadi tujuan mereka.

Kami mengucapkan terima kasih kepada para narasumber kami, tim teknis, donor dan para pendukung yang mana tanpa mereka maka kontribusi terhadap catatan sejarah ini tidak akan mungkin. https://wlfriends.org/~~V

Untuk informasi lebih lanjut tentang File Suriah, silakan lihat: http://wikileaks.org/syria-files/re~~V ...

Untuk keterangan media, silakan lihat: http://wikileaks.org/Press~~V


Bekerja sama dengan :

Al Akhbar - Lebanon
Al Masry Al Youm - Egypt
Associated Press
L'Espresso - Italy
NDR/ARD - Germany
Owni - France
Publico.es - Spain
« Last Edit: July 16, 2012, 08:37:21 AM by Green »
elvis