Author Topic: Bahasa Indonesia : Rami Makhlouf: Buying Syria One Bank at a Time  (Read 1841 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline elvis

  • Moderator
  • *****
  • Posts: 45
  • Gender: Female
  • I Am Free
"This article has been translated by a volunteer translator. Neither WL  or The Official WikiLeaks Forum shall be held accountable for errors.  The reader is welcome to check him/herself the original source linked  below, and to comment if there is an error or misinterpretation. If an  error is identified we shall endevour to correct it"

Forum URL: http://www.wikileaks-forum.com/index.php/topic,12853.0.html
Original URL: http://english.al-akhbar.com/content/rami-makhlouf-buying-syria-one-bank-time

Rami Makhlouf: Buying Syria One Bank at a Time
Rami Makhlouf: Membelikan Suriah Bank satu persatu.


Published Tuesday, July 10, 2012


Pada 17 Juni 2011, media negara Suriah mengumumkan bahwa Rami Makhlouf, seorang Raja Bisnis yang terkenal keburukannya dan sepupu dari Presiden Bashar al-Assad, keluar dari kegiatan bisnisnya dan mendedikasikan kekayaan dan hidupnya untuk proyek proyek amal dan pengembangan dalam sebuah konsesi yang jelas untuk salah satu dari tuntutan tuntutan para protester di Suriah.
 
Makhlouf, dikenal dengan beberapa kritik sebagai “Mr. Five Percent” – sebuah referensi untuk pembagian wajib atas perintahnya dalam setiap bisnis baru – dipercaya untuk mendominasi banyak dari perekonomian Suriah. Ia memiliki jaringan di sector finance, pariwisata, restoran, real estate, duty free shops, perminyakan, telekomunikasi, media, dan banyak lagi.

Banyak yang memperdebatkan apakah ia mampu untuk memonopoli kekuatan ekonomi – dengan jumlah kekayaan pribadi yang diperkirakan mencapai hingga kisaran milyaran dollar – yang karena ikatan keluarga dengan rezim, menjadi salah satu symbol dari korupsi dan kekebalan hukum.  Sehingga, perusahaan perusahaan yang ia miliki, utamanya Syriatel, menjadi perusahaan yang menjadi target pertama oleh para protester ketika pemberontakan di Suriah  dimulai pada Maret 2011.

Ketika Makhlouf ‘bertobat’ dan bersumpah untuk meninggalkan bisnis dengan mencairkan 40 persen sahamnya di Syriatel, berjanji untuk mengalokasikan dana tersebut hanya untuk pekerjaan kemanusiaan dan sebagai kompensasi kepada para keluarga korban yang terbunuh, beberapa orang menanggapinya dengan serius.
The “Syria Files” dirilis oleh Wikileaks dan diperoleh Al-Akhbar mengindikasikan bahwa skeptisisme atas metamorphosis mendadak Makhlouf menjadi seseorang yang berbuat baik bukanlah sesuatu yang tidak beralasan.

Sejumlah pertukaran email yang melibatkan para karyawan level atas di Cham Capital, perusahaan terbesar di Suriah, yang sebagian besar dimiliki oleh Makhlouf sendiri, menunjukkan bahwa sang Raja Bisnis secara bertahap membeli saham saham penting di banyak bank termasuk Qatar National Bank – Syria ( QNBS ) – sebelum dan sesudah ia diduga berputar arah.
 
Pada bulan Mei 2011, Basel Chaban, seorang pialang dari Cabang Aleppo Cham Capital, mengirim file PDF kepada Sofian Haikal, CEO dari Cham Capital, dibawah baris subjek : “Laporan Harian 05-05-2011 ( Mr. Makhlouf Operation )”. File ini merinci tentang pembelian dan penjualan saham yang dimiliki oleh Rami makhlouf melalui Cham Capital, sebuah  rekening dengan jumlah sekitar 50 juta pound Suriah ( hampir 1 juta USD saat itu ).  Selain itu, orang dapat melihat sebuah investasi yang besar di QNBS.  (doc-id 1110515)
 
Sepuluh hari kemudian, Haikal menerima email dari Zein al-Beilani, seorang asisten pialang, dalam hal mengenai informasi yang telah ia gali pada Syria Stocks, sebuah forum membahas tentang pasar Suriah dan kondisi ekonomi, saat pemberontakan memasuki bulan ketiga. Disini, beilani mencatat bahwa beberapa komentator telah mempertimbangkan apakah Makhlouf akan tetap terlibat di kegiatan pasar dalam bentuk apapun. Ia menulis,”Setelah berspekulasi mengenai apakah Mr.Makhlouf akan memasuki pasar atau tidak, Rami Attar menunjuk bahwa pembeli saham QNBS dari CC ( Cham Capital ) terbanyak adalah Rami Makhlouf didasarkan oleh jumlah besar saham yang dibeli dan perusahan pialangnya adalah CC.

Beilani kemudian mencatat sebuah gurauan bahwa ia mendengar tentang bagaimana Cham Capital “ mengikuti Santa Claus dan bukan sebaliknya,” yang kemudian diikuti oleh gurauan lainnya :”Tetapi Santa Claus tidak bisa menangani ( QNBS )…. Bank ini membakar jari jari mereka yang mendekatinya.”
 
Ia mengklarifikasikan bahwa Santa Claus, dalam hal ini, adalah Mr. Makhlouf. (doc-id 1793670)
 
Pada bulan Juni 2011, sebelas hari setelah pertobatan publik Makhlouf, Basel Chaban mengirimkan email kepada Sofian yang berisi catatan portfolio dari Makhlouf dan seseorang lain, menggambarkan volume pembelian yang terjadi sejak 4 mei hingga pada hari email tersebut dikirimkan.
 
Berdasarkan portfolio Mkhlouf itu, QNBS memimpin semua bank lain dengan 33,343 saham.(doc-id 1793541)
 
Pada bulan bulan berikutnya, ketika masih membeli saham saham penting di QNBS, makhlouf juga mulai membeli sejumlah besar saham The Syrian Islamic International Bank ( SIIB ). (doc-id 997874, doc-id 934059)
 
Pada bulan pertama tahun 2012, portfolio Makhlouf pada minggu kedua dan ketiga di Bulan Januari menunjukkan bahwa ia telah membeli sejumlah  126.576.155 pound Suriah ( sekitar 2 juta USD ) senilai saham, sementara menjual hanya 8.666.251 pound Suriah ( 135.000 USD ) senilai saham, dengan QNBS dan SIIB mendominasi kebanyakan transaksi. (doc-id 972444, doc-id 882125)

http://english.al-akhbar.com/content/rami-makhlouf-buying-syria-one-bank-time


elvis