Author Topic: Bahasa Indonesia; Extended interview with Julian Assange from Four Corners episo  (Read 1529 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline elvis

  • Moderator
  • *****
  • Posts: 45
  • Gender: Female
  • I Am Free
"This article has been translated by a volunteer translator. Neither WL  or The Official WikiLeaks Forum shall be held accountable for errors.  The reader is welcome to check him/herself the original source linked  below, and to comment if there is an error or misinterpretation. If an  error is identified we shall endevour to correct it"

Forum URL: http://www.wikileaks-forum.com/index.php/topic,13248.0.html

Original URL: (video) http://www.youtube.com/watch?v=MQLFh1-XQSo&feature=player_embedded

Transcript dari Wawancara Panjang melalui Telephone dengan Julian Assange.

Dipublikasikan pada 23 Jul 2012 oleh m mcetera

Wawancara panjang dengan Julian Assange dari episode Four Corner “Sex, Lies and Julian Assange”, yang disiarkan oleh ABC1, 23 Juli 2012.

http://www.abc.net.au/4corners/stories/2012/07/19/3549280.htm

Transcript

AF: Ok, Menurut anda indikasi apa yang bakal dipertanyakan oleh para pendukung anda ketika mereka memasuki atau meninggalkan United States?

JA: Kita tahu bahwa telah terjadi invenstigasi AS pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya dan alami terjadi setidaknya sejak satu setangah tahun yang lalu sampai dua tahun, ( secara teknis ) sebagai bagian dari invenstigasi ( FBI )

AF: Geoffrey Barter berkata bahwa tidak ada surat perintah rahasia yang disegel untuk penangkapan anda, mengapa anda berpikir bahwa ia membolak balikkan kata?

JA: Geoffrey Barter adalah seorang pengacara; ia mengelak bahwa ada surat perintah rahasia, yang sebenarnya ada. Bagaimanapun, itu bukanlah pertanyaan. Pertanyaannya adalah mengenai dakwaan yang disegel , dibawah undang undang AS, dakwaan yang disegel tidak boleh diungkapkan kepada public oleh official AS, sampai, orang yang berada dibawah dakwaan yang disegel yang dimaksud, berada dalam tahanan. Ini adalah sebuah pelanggaran untuk melakukan hal itu, dan sebuah pelanggaran criminal pula, tentu saja official AS tidak dapat membicarakan hal tersebut.

AF: Apa yang anda inginkan secara khusus untuk pemerintah Australia lakukan?

JA: Pengacara kami telah menulis kepada Roxon dan kepada Perdana Mentri secara rinci tepatnya apa yang kami ingin mereka lakukan dan ini permintaan yang sangat masuk akal dengan standart Internasional, negara lain sering kali melakukan hal ini dan pemerintah Australia telah menunjukkannya dalam korespondensi diplomatik untuk menyelesaikan hal ini dalam arti kata sederhananya hanya meminta, meminta, bahwa Inggris atau Swedia setuju untuk tidak mengekstradisi saya ke AS, untuk meminta supaya Inggris tidak menuntut saya ( ini ) bukan permintaan secara hukum, ini bukan gangguan dengan hukum, ini adalah permintaan pemerintah eksekutif untuk tidak mengejar tuntutan.

AF: Benarkah bahwa anda akan pergi ke Swedia jika pemerintah Swedia berkata, berjanji secara tertulis, bahwa mereka tidak akan mengekstradisi anda kemudian ke AS

JA: Jika kami mendapatkan jaminan yang membuat kami merasa nyaman bahwa saya tidak akan diekstradisi ke AS, termasuk sebagai contoh jika AS bersedia untuk membatalkan investigasinya maka tidak penting saya harus berada di Swedia, bisa juga saya berada di Inggris untuk mendesak Swedia untuk tidak mengekstradisi saya kemudian, mungkin juga saya ke Swedia.

Ada isu isu lain yang berhubungan dengan Swedia. Maksud saya, contohnya, orang swedia mengatakan kepada public bahwa mereka akan menangkap saya tanpa dakwaan. Itu juga tidak dapat diterima.

AF:  Jaksa Agung AS mengatakan bahwa orang akan dituntut dan tidak peduli berapa lama dan ia mengindikasikan bahwa tuduhan bisa saja pada tingkat yang berbeda, jadi tidak mungkin spionase adalah tindakan itu sendiri, begitukah pengertian anda?

JA: Ya, melihat dari panggilan pengadilan yang dikeluarkan oleh Dewan Juri, mereka membuat rincian dalam  beberapa kasus yang diinvestigasi oleh Dewan Juri, dan salah satu panggilan pengadilan menunjukkan bahwa itu adalah investigasi konspirasi dalam hubungannya dengan spionase, juga investigasi kejahatan computer dalam berbagai tipe, jadi pengiriman informasi ini bernilai lebih dari $1000 yang dimiliki oleh Pemerintah Federal untuk Yuridiksi yang berbeda.

AF: Jadi….

JA: Alasan bahwa itu sepertinya akan diselesaikan adalah a) jadi DOJ bisa membuat dua gigitan pada sebuah apel, (…) juga b) sebab ekstradisi…sorry…spionase adalah pelanggaran klasik secara politis dan ada beberapa pengecualian untuk ekstradisi bagi pelanggaran politik, jadi itu pasti menjadi berputar putar sekitar pengecualian itu saja jika kita mencoba untuk menggunakan pengecualian untuk menolak.

AF: Itu juga akan menurunkan kategori pelanggaran berat dari itu juga, begitu?

JA: Itu akan menghapuskan tuduhan pelanggaran berat. Tuduhan pelanggaran berat tidak akan terjadi, ketika saya berada di Eropa.  Dalam kondisi politik yang sekarang ini Eropa mungkin akan mengharuskan AS untuk memberikan jaminan bahwa hukuman mati tidak diperlukan dalam ekstradisi saya. Namun masih bisa penjara seumur hidup atau 30 tahun penjara, dan kondisinya mungkin sangat parah.

AF: Apakah ada hal tertentu yang terjadi yang membuat anda memutuskan?, akhirnya, untuk mencari suaka politik?

JA: Ya, ada sejumlah kejadian dramatis yang terjadi sebelumnya. Pertama, Pemerintah Swedia mengumumkan kepada public  akan menahan saya di penjara tanpa proses pengadilan dalam kondisi yang parah yang kemudian dikritik oleh Fair Trials International. Itu berarti bahwa jika saya secara tiba tiba datang ke Swedia saya tidak akan berada dalam posisi memohon suaka politik (…) Dalam hubungannya dengan AS ini akan menjadi akhir dari perjalanan. Saya akan diambil begitu saja dari satu ke penjara yang lainnya. Kedua, pada malam yang sama (x2) Kontraktor  keamanan pemerintah Inggris yang menjaga borgol elektronik di kaki saya mendadak muncul pada pukul 10.30 pm dan memaksa untuk memasang borgol lain pada kaki saya, katanya itu adalah bagian dari pemeliharaan rutin yang terlihat sangat tidak kredibel, lalu, keesokan harinya, kontraktor keamanan itu mengisi pelanggaran jaminan bagian 9 untuk saya, dan bahwa, resiko bahwa jaminan saya akan dicabut. Dan mereka lakukan itu, mereka menyatakan, atas dasar bahwa kami menolak mereka masuk pada 10.30 tanpa pemberitahuan., sebab alasan keamanan, dan mengatakan bahwa mereka harus kembali hari berikutnya dengan appointment. Malam berikutnya kontraktor keamanan tersebut datang kembali dan memasang borgol elektronik yang baru di kaki saya. Dan, pada hari yang sama, Crown Prosecution Service, bersikap yang kami tahu atas nama pemerintah Swedia, paling tidak itu berarti untuk bersikap atas nama pemerintah Swedia, meminta  14 hari saya untuk mengajukan permohonan ke Pengadilan HAM Eropa, dikurangi menjadi nol.

AF: Ok, jadi, saya mengerti bahwa mereka mencoba untuk meniadakan jaminan bagi anda dan mereka mencoba menyetop agar anda mendapatkan proses pengadilan lebih lanjut, dan mengalihkan hal tersebut kepada……

JA: Benar sekali

AF: Komisi Hak Asasi Manusia

JA: Jadi, ini adalah, sejumlah titik data independen, semua tertuju kea rah yang sama, bahwa jaminan saya akan berakhir dan bahwa saya tidak dapat memprosesnya dengan tindakan sah lebih lanjut, dalam prakteknya.

AF: Apakah anda masih memikirkan kemungkinan untuk dapat keluar dari kedutaan, dengan perlindungan kedutaan, sebab semua yang saya baca menunjuk bahwa sangatlah sulit jika anda mengusahakannya sendiri.

JA: Itu semua adalah masalah politik, asalkan ada kemauan politik untuk melakukannya, maka situasi akan terselesaikan. Jika ada pandangan yang cukup mengenai apa yang telah terjadi dalam kasus ini, maka, saya percaya pemerintah Swedia atau Inggris akan (mengalah?) dan memberikan beberapa jaminan.

AF: Saya baca bahwa Departemen Luar Negri mengatakan bahwa anda tidak mempunyai hak untuk mendapatkan perlindungan dibawah amandemen pertama, maksud saya, itukah yang mereka katakan? Apakah itu yang dikatakan oleh Departemen Luar Negri?

JA: Well, anda tahu tentunya, setiap orang rasional yang membaca Amandemen pertama dapat melihat bahwa itu pasti tidak memberi hak perlindungan pada saya, namun kata kata diipermainkan oleh para hakim, dan para hakim di pengadilan diangkat secara politis dan sebagaimana kita ketahui sejarah dari kasus Mahkamah Agung, bahwa Mahkamah Agung cenderung, hampir selalu ( berayun?) pada garis politis yang ditunjuk berasal dari Bush, dimana yang ditunjuk berasal dari partai Republik atau Demokrat.

AF: Tentu, tetapi, jika, maksud saya, anda sebagai jurnalis, anda dilindungi oleh Amandeman Pertama, dengan dasar bahwa yang anda lakukan adalah fair dan beralasan…..

JA: Kami mengatakan bahwa aktivitas saya dan aktvitas organisasi dilindungi oleh Amandemen Pertama dan itu seperti kebanyakan kelompok hak asasi sipil dan sosial lainnya lakukan, dan yang rata rata orang di jalan lakukan, dan bahkan pasangan di Kongres ASpun berani untuk tampil dan mengatakan hal itu dengan baik. Tapi, pada akhirnya ini adalah masalah politik dan pastinya diputuskan secara garis politis di Mahkamah Agung.

AF: Jika anda dapat mengatakan sesuatu kepada rakyat Australia, anda mempunyai banyak dukungan di negri itu, apa yang akan anda katakan?

JA: Tapi, yang pertama, terima kasih untuk dukungannya, maksud saya, dukungan dari Australia, rakyat Australia dan media Australia, pengacar sukarelawan Australia sangat luar biasa, satu hal yang sungguh membuat kami tetap berjalan. Ada juga (….) dukungan dari negara negara lain namun Australia yang terkuat.

AF: Boleh saya bertanya hal yang pribadi, bagaimana anda mengatasinya sampai saat ini, anda terbatas hanya berada di ruangan yang kecil, dan tidak bisa pergi kemanapun dan sekitar, kondisi alami anda sudah dibatasi, bagaimana anda menghadapi semuanya ini?

JA: Saya menyukai perjuangan yang baik dan saya memiliki kesempatan untuk mempunyai perjuangan yang baik, saya mengakui ini adalah kurungan di sebuah ruangan yang sangat kecil pada saat ini tapi di sisi lain para pendukung kami masih bisa berkeliaran di luar sana.

****


Koreksi apapun akan sangat diterima.

« Last Edit: August 17, 2012, 12:27:16 PM by elviraismoyo »
elvis