Author Topic: Bahasa Indonesia; Unravelling TrapWire: The CIA-Connected Global Suspicious Acti  (Read 2248 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline elvis

  • Moderator
  • *****
  • Posts: 45
  • Gender: Female
  • I Am Free
"This article has been translated by a volunteer translator. Neither WL  or The Official WikiLeaks Forum shall be held accountable for errors.  The reader is welcome to check him/herself the original source linked  below, and to comment if there is an error or misinterpretation. If an  error is identified we shall endevour to correct it"

Original URL: https://publicintelligence.net/unravelling-trapwire/
Forum URL: http://www.wikileaks-forum.com/index.php/topic,13708.0.html

Unravelling TrapWire: The CIA-Connected Global Suspicious Activity Surveillance System
Unravelling TrapWire: Sistem Pengawasan Terhubung Aktivitas Mencurigakan Global – CIA

August 11, 2012 Diutamakan

Sebuah screenshot dari halaman muka trapwire.net, yang diyakini akan menjadi sebuah portal berbasis web yang berafiliasi dengan system TrapWire.

Intelijen Publik

Email email yang dihack dari perusahaan intelijen swasta Stratfor menjelaskan mengenai system pengawasan aktivitas mencurigakan global yang disebut TrapWire yang dilaporkan dipergunakan di lokasi lokasi di seluruh dunia mulai dari London Stock Exchange hingga White House. Email email tersebut, yang dirilis kemarin oleh Wikileaks, memberikan informasi tentang tingkat dan pengoperasian system tersebut yang dirancang untuk menghubungkan laporan aktivitas mencurigakan dan bukti lainnya yang bisa mengawasi  indikasi yang terhubung dengan potensi serangan teroris.

Sebuah kertas putih ekslusif yang diproduksi oleh TrapWire, sebelumnya disebut Abraxas Application, menjelaskan tentang produknya sebagai “perangkat lunak prediktif, unik, yang dirancang untuk mendeteksi  pola pola pra serangan pengawasan.” Dalam sebuah wawancara pada 2005 dengan Northern Virginia Technology Council, CEO dari Abraxas Corporation, Richard “Hollis” Helms mengatakan tujuan TrapWire adalah untuk “mengumpulkan informasi mengenai orang orang dan kendaraan yang lebih akurat daripada pengenalan wajah, menggambar pola dan melakukan penilaian akan ancaman pada daerah yang mungkin berada di bawah pengamatan teroris.” Fred Burtratfor, menggambarkan TrapWire dalam email pada November 2009 sebagai “sebuah solusi teknologi yang didasarkan pada perilaku di zona merah untuk mengidentifikasi pengawasan. Ini membantu anda untuk titik titik dari waktu dan jarak.”

Dokumen yang terdaftar dengan inisial Abraxas  sebagai trademark TrapWire, menjelaskan system sebagai “memanfaatkan teknologi yang sudah ada fasilitas ini ( seperti pan-tilt-zoom (PTZ) cameras ) dan manusia ( petugas keamanan, pegawai, tetangga )” untuk mengumpulkan data yang kemudian direkam dan disimpan dalam format standart untuk memfasilitasi data mining, perbandingan informasi dan berbagi informasi melalui network. Standarisasi deskripsi tentang potensi aktivitas pengawasan  ”TrapWire”, seperti memotret, mengukur dan memberikan sinyal dan kemudian membagi “informasi ancaman” melalui network untuk melacak potensi korelasi di lokasi lain pada network.

Satu hal yang membuat TrapWire menjadi perusahaan yang menarik adalah bahwa presidennya, pimpinan operasionalnya dan direktur  pengembangan bisnisnya semua pernah bekerja di Central Intelligence Agency. Menurut halaman management di situs TrapWire, yang terakhir telah dihapus sebab alasan yang tidak jelas, presiden dan salah satu pendiri perusahaan, Dan Botsch, “bekerja selama 11 tahun sebagai  anggota Intelijen di Central Intelligence Agency, fokus pada urusan Rusia dan Eropa. “  Michael Maness, direktur pengembangan bisnis perusahaan tersebut, bekerja lebih dari 20 tahun dengan CIA, “Dimana ia mengarahakan kontra terorisme dan operasi keamanan di timur tengah, Balkan dan Eropa. Sebagai petugas operasi senior dan manajer operasi lapangan, ia berperan dalam memerangi unit operasional Al-Qaeda langsung setelah serangan teroris 11 september.” Michael K.Chang, direktur operasional perusahaan, bekerja selama “12 tahun dengan Central Intelligence Agency sebagai petugas operasi kontra terorisme dan petugas keamanan “ dan bahkan berperan sebagai petugas keamanan bagi Direktur dan Deputi Direktur dari Central Intelligence.

Abraxas Corporation, perusahaan yang menciptakan TrapWire dibawah anak perusahaan Abraxas Application, juga memiliki hubungan signifikan dengan CIA. Perusahaan ini didirikan oleh Richard “Hollis” Helms pada tahun 2001, dua tahun setelah ia meninggalkan CIA dimana ia bekerja selama hampir 30 tahun. Banyak dari pegawai dan manajemen yang terdahulu pernah bekerja pada CIA atau agensi intelijen lainnya. Nyatanya, Tim Shorrock mencatat pada bukunya Spies For Hire tahun 2008 bahwa banyak sekali pegawai CIA yang berpikir untuk bekerja pada perusahaan swasta seperti Abraxas yang pada tahun 2005 Direktur CIA Porter Goss harus meminta perusahaan tersebut untuk menyetop merekrut di cafeteria CIA di Langley. The Los Angeles Times melaporkan pada tahun 2006 Abraxas punya kontrak dengan CIA untuk membangun perusahaan perusahaan dan memalsukan identitas untuk program Agency’s nonofficial cover (NOC). Perusahaan dan pekerjaannya sangat rahasia yang mana Shorrock dilaporkan meminta perusahaan untuk berkomentar dan ia diberitahu, “Sir, kami tidak berbicara dengan media.”

Klien High-Profile diseluruh dunia

Email email Stratfor pada TrapWire merinci sejauh mana system perangkat lunak yang sedang digunakan di seluruh dunia, menggambarkan kesepakatan dengan klien mewakili lembaga dalam negri, pemerintahan asing, dan perusahaan multinasional. Sebuah email dari Don Kuykendall, chairman dari Stratfor, pada Mei 2009 menggambarkan bagaimana klien klien TrapWire “termasuk Scotland Yard, #10 Downing, White House, dan banyak lagi ( perusahaan multinasional ).” Email kemudian lanjut mengatakan bagaimana Stratfor bekerja untuk membantu memperkenalkan TrapWire kepada masyarakat di “Wal Mart, Dell dan kroni kroni Fred lainnya.” Email berikutnya dari Fred Burton kepada KuyKendall pada Juli 2011 menggambarkan bagaimana pemerintah Nigeria tertarik untuk membuka fusion centre dan mungkin ingin memasang TrapWire di Nigerian Presidential Palace.

Dalam email lainnya Burton sesumbar mengenai peran Stratfor dalam melaporkan situasi yang masuk ke dalam system TrapWire, katanya bahwa ini adalah cara nomor satu Stratfor dalam menarik klien potensial di posisi pemerintahan, “tahukan anda berapa Lockeed Martin berani membayar untuk memasang logo mereka ke dalam USSS CP? M15? RCMP? LAPD CT? NYPD CT?” tanya Burton, menyiratkan bahwa TrapWire memang digunakan oleh Secret Service AS, The British Security Service M15, The Royal Canadian Mounted Police, juga divisi kontra terorisme di kantor polisi Los Angeles dan New York. Pada tahun 2009 thesis dari Naval Postgraduate School, the Los Angeles Joint Regional Intelligence Centre ( LA-JRIC ), satu atau lebih dari tujuhpuluh fusion centre di seluruh negri, terdaftar sebagai pengguna TrapWire.

Email tersebut juga menyiratkan bahwa TrapWire juga dipergunakan di basis basis militer di seluruh negri. Pada Juli 2011 email dari Burton kepada yang lainnya di Stratfor menggambarkan bagaimana U.S Army, Marine Corps. Dan Pentagon semuanya telah mulai menggunakan TrapWire dan telah “berada dalam system sekarang.” Burton menjelaskan bahwa Navy “selanjutnya dalam daftar.”

The Information Sharing Environment – Suspicious Activity Reporting Evaluation Environment melaporkan sejak 2010 bagaimana Kantor Polisi Las Vegas menyediakan perangkat lunak TrapWire kepada paling tidak empatbelas hotel yang berbeda di areal tersebut. Beberapa email membuat referensi ke jaringan berjalan di Las Vegas dan satu membahas menghubungi petugas keamanan di MGM Grand untuk mendiskusikan tentang implementasi system praktis.

Menurut satu email khusus yang tidak biasa dari Burton, TrapWire dilaporkan digunakan untuk melindungi rumah rumah para mantan Presiden Amerika Serikat.

Burton juga menjelaskan TrapWire sebagai kemungkinan “ paling sukses pada ( perang global melawan terror ) sejak 9-11.” Menggambarkan koneksinya dengan manajemen perusahaan, ia menambahkan “Saya tahu hack hack ini ketika mereka masih GS-12 di CIA. God Bless America. Sekarang mereka punya semua klien besar ( high-value target ) di ( wilayah AS ), Inggris, Canada, Vegas, Los Angeles dan NYC.”

Jaringan ke Nationwide Suspicious Activity reporting Initiative

TrapWire juga tertaut ke National Suspicious Activity Reporting (NSI) Initiative, sebuah program yang dirancang untuk membantu sejumlah laporan tentang aktivitas mencurigakan di seluruh negri. Satu email berasal dari eksekutif TrapWire menyatakan bahwa “Laporan TrapWire SAR langsung/secara otomatis masuk ke National SAR Initiative” sebagaimana system e-penjaga FBI jika/ketika ada konfirmasi nexus kepada terorisme atau kejahatan besar.  ( yang sering terjadi ).” Email itu berlanjut dengan mengatakan  “network kami di LA, Vegas dan DC semua mendukung See Something Say Something ( Saya sebut S4 ).”

Beberapa tahun yang lalu beberapa kota disekitar AS mengimplementasikan situs yang mengijinkan public untuk melaporkan aktivitas mencurigakan, termasuk Washington DC, Houston dan bahkan U.S Army. Aktivitas ini adalah bagian dari program yang lebih besar yang disebut iWatch, yang juga masuk ke TrapWire menurut email yang bocor:

        iWatch menarik anggota komunitas melaporkan kepada TrapWire search engine dan membandingkannya dengan SAR di seluruh negri…dengan kemungkinan kecocokan dan kembali ke kantor LE local. Jumlah yang menakjubkan mengenai laporan dengan kualitas yang baik datang sebagai alert dari masyarakat ( dan kantor polisi ) di areal DC dan sekitarnya.

TrapWire dilaporkan beroperasi di jaringan regional terpisah di seluruh negri, masing masing dengan sejumlah perbedaan situs antar koneksi . Bagaimanapun , presiden perusahaan Dan Botsch menjelaskan dalam sebuah email kepada Fred Burton bahwa operator system TrapWire melakukan “cross-network” beberapa informasi dari network yang terpisah dan ia percaya suatu hari semua network akan dapat digabungkan:

        Kami memiliki network regional yang pembagian informasinya terbatas untuk network tersebut. Jika sebuah network memiliki 25 situs, ke 25 situs tersebut bercampur dengan laporan yang lainnya. Mereka juga dapat mengirimkan laporan ke situs manapun pada network dan mereka dapat mengepos laporan kepada network-wide bulletin board. Situs tidak dapat membagi informasi menyeberangi network.

        Bagaimanapun, kami membuat cross-network cocok disini di kantor. Jika kami melihat cross-network cocok, kami akan mengontak setiap situs yang terpengaruh, jelas orang tersebut atau sarana laporan mereka terlihat di network lainnya, dan lalu tawarkan untuk menaruh situs yang terpengaruh ke dalam direct contact. Kami belum memiliki cross-network yang cocok. Saya pikir nanti semua network yang berbeda akan mulai untuk bergabung. Saya tidak begitu mengetahui apapun disini, tapi sudah ada dibicarakan di Vegas dan LA mengenai menggabungkan kedua network mereka, Begitu juga di DC.

Penggunaan TrapWire akhirnya dapat diperluas ke fusion centre di seluruh negri sejak Juni 2011 seperti pernyataan kongres yang mengindikasikan bahwa Washington D.C. Metropolitan Police Departemen adalah bagian dari proyek percobaan Department of Homeland Security untuk melakukan tes penggunaan TrapWire. The Texas Department of Public Safety, yang mengoperasikan Texas Fusion Centre, juga membeli perangkat lunak TrapWire di tahun 2010.

 
Editor’s Note: WikiLeaks has been inaccessible for some time now due to a sustained distributed denial of service attack.  All links to emails released by WikiLeaks are currently pointing to sites mirroring the content.  If WikiLeaks should come back online sometime soon, all emails associated with TrapWire should be accessible at the following URL:

http://www.wikileaks.org/gifiles/releasedate/2012-08-09.html

Thanks to Justin Ferguson and others for helping to spread the information in these emails in the face of vigorous attempts to suppress them.

https://publicintelligence.net/unravelling-trapwire/
« Last Edit: August 18, 2012, 19:13:29 PM by elviraismoyo »
elvis